Di Musrenbangda, Pj Bupati Batang Ungkap Keberhasilan Setahun Menjabat

- Kamis, 16 Maret 2023 | 20:22 WIB
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Stabilitasi kondisifitas wilayah meningkatkan daya saing Kabupaten Batang yang menuju tercapainya indikator pembangunan di semua sektor.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Batang di tahun 2022 mengalamai kenaikan mencapai 5,97 persen dari tahun 2021 yang hanya 4,88 persen.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat mebuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) di Pendopo Kantor Bupati pada Kamis 16 Maret 2023.

Baca Juga: Hadir di Pengukuhan IAI, Pj Bupati Batang Minta Apoteker Lakukan Kajian Produk Pertanian Diolah Jadi Obat

"Data kemiskinan tahun 2022 mengalami penurunan yaitu di angka 8,98 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 9,68 persen," katanya.

Adapun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Batang tahun 2022 sedikit ada peningkatan yaitu diangka 69,45 persen, yang tahun sebelumnya 68,92 persen.

"Dari capain indikator itu, tahun 2024 dalam perencanaan pembangunan fokus pada peningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dan penguatan daya saing daerah," kata Lani.

Perencanaan itu juga akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan tetap memperhatikan konsep pembangunan berkelanjutan.

"Sasaran rencana pembangunan mengarah ke SDM yang berkualitas, perekonomian yang berkontribusi ekonomi kerakyatan, menurunkan angka kemiskinan, pengangguran dan peningkatan penyediaan dan pemerataan infrastruktur," katanya.

 

Editor: Ica Agustin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Pesan Pj Gubernur Jabar di Pembukaan Kongres XXV PWI

Senin, 25 September 2023 | 15:04 WIB
X