Caleg Tak Perlu ke PN, Surat Keterangan Tidak Pernah Dijatuhi Pidana Bisa Dilayani di Mal Pelayanan Publik

- Jumat, 10 Maret 2023 | 19:29 WIB
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batang Haryuning Respanti dan BPMPTSP Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso saat di MPP. Foto: Muslihun/ kontributor Batang.
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batang Haryuning Respanti dan BPMPTSP Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso saat di MPP. Foto: Muslihun/ kontributor Batang.

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Batang kembali menambah pelayanan institusi vertikal yakni Pengadilan Negeri (PN) Batang.

Masuknya PN Batang itu menjadi 28 intitusi atau lemabaga pemerintah yang membuka pelayanan di MPP Batang.

"Kami sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan MPP yang ada di Kabupaten Batang. Dalam hal ini kita memberikan pelayanan terkait informasi-informasi apa pun tentang pengadilan bisa didapatkan di sini," kata Ketua PN Batang Haryuning Respanti setelah menandatangani kerjasma dengan MPP Batang, Jumat 10 Maret 2023.

Baca Juga: Jumat Berkah, Pengurus Cabang Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Batang Bersih-bersih Masjid

Ia menyebut pelayanan PN di MPP Batang di antaranya memberikan pelayanan surat keterangan.

Misalnya surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana. Surat keterangan itu bisanya dibutuhkan calon legislatif, perangkat desa dan lain sebaginya.

"Misalkan saat inikan mau Pemilu, sayarat nyaleg salah satunya ada surat keterangan tidak pernah di jatuhi hukuman penjara. Nanti bisa dilayani di MPP, pemohon akan dibuatkan akun dan pendaftarannya dan surat tersebut sehari jadi dan bisa langsung diambil di MPP," katanya

Di PN juga membuka layanan e-Court atau layanan pendaftaran perkara secara elektronik, seperti pengajuan permohonan ganti nama, pendaftaran persidangan secara elektronik.

Baca Juga: Evaluasi TPID, Pj Bupati Batang Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Kendalikan Inflasi, Ini Penyebabnya

"Sehingga pemohon pelayanan tidak perlu lagi harus jauh-jauh kalau masyarakatnya ke MPP Batang langsung didaftarkan. Jadi lebih memberikan efektifitas, efisien dan tentunya pelayanan publiknya berlebih berkualitas dan prima," ungkap Haryuning Respanti.

Lanjutnya, pelayanan PN di MPP untuk saat ini belum bisa efektif lima hari kerja.

"Jadi kami akan memberikan pelayanan untuk sementara ini dalam waktu 2 hari nanti akan diatur jadwalnya. Ya mungkin antara hari Senin dan Rabu atau Selasa dan Kamis dan waktunya tentunya sesuai dengan jam layanan di sini nanti sekitar 9.00 sampai 11.00 atau 12.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan bahwa pelayana MPP totalnya sudah ada 28 instansi.

Baca Juga: LPP Radio Abirawa FM Batang Latih Public Speaking Pelajar, Kepala SMKN 1 Kandeman: Siswa Kurang Pede

Halaman:

Editor: Ica Agustin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X