Diyakini Tingkatkan Imun, Warga Batang Ramai Berburu Degan Bakar

  Rabu, 21 Juli 2021   Muslihun
Slamet sedang memperlihatkan degan bakar di warung miliknya di Jalan Pemuda Batang. (dok)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Kasus Covid-19 di Kabupaten Batang terus meningkat dan mengkhawatirkan. Sejumlah warga pun memilih meningkatkan imun dengan cara mengkonsumsi degan alias kelapa muda bakar.

Pasalnya, degan bakar yang dicampur berbagai rempah diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal serangan Covid-19.

Alhasil, sejumlah warung degan bakar rempah di Batang ramai diserbu pembeli. Salah satunya warung milik Slamet di Jalan Pemuda Batang.

Slamet mengatakan, selain menangkal serangan Covid-19, degan bakar juga mengatasi berbagai penyakit lainnya.

"Selain dapat menjaga imun tubuh, degan bakar rempah juga diyakini mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit, seperti masuk angin, pegal linu, dan hipertensi," ungkap Slamet saat ditemui warungnya, Rabu 21 Juli 2021.

Proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Diawali dengan membakar buah kelapa terlebih dahulu di dalam sebuah tong. Setelah dibakar selama kurang lebih 1-2 jam, kelapa dikupas lalu airnya direbus dengan berbagai macam rempah dengan resep rahasia yang dimilikinya.

Setelah mendidih, air kelapa yang direbus bersamaan dengan rempah-rempah dimasukkan kembali ke dalam buah kelapa untuk disajikan.

"Cukup dengan membayar Rp15.000, kelapa muda bakar rempah sudah bisa dinikmati," kata Slamet.

Ia pun mengakui, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang memburu degan bakar yang dirasa bisa menambah imunitas badan.

"Saat pandemi cukup ramai bisa sampai 50 hingga 80 buah, kalau sekarang agak menurun, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,”pungkasnya.

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar