Rawan Bencana Alam, PMI Batang Bentuk Sibat di Desa Mojotengah

  Rabu, 07 April 2021   Muslihun
PMI Batang gelar rekruitmen dan Pelatihan Sibat di Markas PMI Batang, Rabu (7/4/2021).(dok)

REBAN, AYOBATANG.COM - Masuk dalam wilayah dataran tinggi Dieng, Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Tegal, memiliki potensi dan rawan bencana alam seperti gempa bumi, longsor dan gas beracun.

Untuk meminamilisir korban dan kesiapsiagaan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang  membentuk Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

“Tim Sibat adalah warga masyarakat yang menyatakan diri sebagai Tim PMI, sukarelawan yang bersedia mendarmabaktikan waktu tenaga dan pikiran untuk memotivasi, menggerakkan dan memobilisasi masyarakat di desanya,” ungkap Pengurus PMI Bidang Penanggulangan Bencana, Putut Husamadiman, Rabu (7/4/2021).

Ia juga menjelaskan, selain di dataran tinggi seperti Desa Mojotengah, Desa Pranten, Desa Gerlang. Sibat juga dibentuk di wilayah pesisir yakni Desa Klidang, Kelurahan Karangasem Utara, Desa Kesungsegog, Desa Kuripan dan Ujungnegoro.

“Sibat tidak hanya sebagai motor penggerak untuk upaya-upaya kesiapsiagaan dan tanggap darurat  bencana. Tapi juga dampak kesehatan, lingkungan, dan masalah sosial lainya di desanya atau lingkunganya,” jelas Putut Husamadiman.

Sebagai tim Sibat, kata dia, semua anggota dibelaki pelatihaan pengurangan resiko bencana dan melaksanakan kegiayan program sesuai  panduan dan tujuan yang telah ditentukan.

“Bekal latihan Sibat yakni Pemetaan Bahaya, Kerentanan dan Risiko, Pelatihan ini sebagai modal awal untuk membuat masyarakat aman dan tahu bahaya yang mengancam ketika terjadi bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mojotengah, Darwanto mengatakan ada 20 peserta yang dipilih dari beberapa dukuh di Desa Mojotengah.

“20 orang ini saya harapkan bisa menyerap ilmu yang di berikan oleh fasilator, sehingga ketika mereka di terjunkan langsung ke tempat bencana mereka siap,”Darwanto.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar