Kampung Ramadan Tegal Sudah Buka, Ada Berbagai Kuliner dan Fesyen

  Rabu, 07 April 2021   Adib Auliawan Herlambang
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat meninjau salah satu stand di Kampung Ramadan, Selasa (6/4/2021). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOBATANG.COM -- Kampung Ramadan yang digelar di halaman Premier Hotel Tegal resmi dibuka, Selasa (6/4/2021).

Puluhan UMKM Kota Tegal dan sekitarnya menampilkan produk-produk unggulannya, mulai dari kuliner, kriya, fesyen dan lainnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, Heru Setyawan mengatakan, event tersebut merupakan upaya pemerintah bersama stakeholder terkait untuk memulihkan kembali ekonomi UMKM di Kota Tegal.

"Karena seperti yang kita ketahui, adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada pelaku UMKM. Mereka mengalami penurunan omzet," katanya.

Dengan begitu, melalui event ini diharapkan bisa membantu membangkitkan kembali UMKM di Kota Tegal.

"Ini nanti akan berlangsung dari 6 April sampai 21 Mei 2021. Tiap hari Rabu, nanti ada sosialisasi tentang QRIS, prokes, kredit usaha dan lainnya. Hari Jumatnya, ada buka bersama dan santunan anak yatim. Hari Sabtu ada lomba dan Minggu ada hiburan," jelasnya.

Heru mengatakan, bagi masyarakat yang ingin berbelanja, diharuskan menukarkan uang terlebih dahulu dengan voucher.

"Transaksi pembelian pake sistem voucher. Mulai dari Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Ini agar mudah dipantau transaksi riilnya," ucapnya.

Sementara perwakilan pelaku UMKM sekaligus Ketua Umum IKM Apik Banget, Fahmi Lukman Al Katiri mengatakan, para pelaku UMKM di Kota Tegal sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya event seperti ini.

"Karena temen-temen memang banyak keluhan di masa pandemi ini. Mereka bingung menjual produknya, bisa produksi tapi bingung jualnya. Alhamdulillah, kita diberi wadah lewat Kampung Ramadan," katanya.

Ia bersama puluhan pelaku UMKM lainnya juga sangat berharap, event ini dapat memulihkan kembali ekonomi masyarakat Kota Tegal.

"Mudah-mudahan adanya kampung ramadan para pelaku UMKM mulai bangkit lagi. Ini sangat membantu, mereka bisa menampilkan produknya dan harapannya laku terjual," ucapnya. (Lilisnawati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar