Sambut KITB, Pemkab Batang Gelar Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

  Kamis, 25 Februari 2021   Muslihun
Sejumlah peserta pelatihan berbasis kompetensi Disnaker Batang di UPTD BLK foto bersama, Kamis (25/2/2021).

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM- Berdirinya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang akan memberikan dampak atau perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat sekitar. 

Perubahan tersebut banyak terjadi pada aspek sosial dan ekonomi. Untuk mempersiapkanya Pemkab Batang berupaya memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat. 

Hal ini diharapkan agar warga bisa ikut merasakan dari dampak positif ekonomi yang ditimbulkan oleh berdirinya pabrik sehingga tidak menjadi penonton. 

''Oleh karena itu, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang berupaya meningkatkan kecakapan keterampilan masyarakat,” kata Kepala Disnaker Batang, Suprapto, usai membuka pelatihan berbasis kompetensi Kamis (25/2/2021).

Dijelaskan, tugas pokok dan fungsi Disnaker yaitu memberdayakan masyarakat yang belum memiliki usaha dan pekerjaan untuk dilatih agar berpotensi mempunyai usaha dengan keterampilan.

“Adanya KIT Batang, peluang pekerjaan dan usaha akan banyak, maka warga harus dipersiapkan agar bisa bekerja dan usaha secara mandiri,” kata Suprapto. 

Adapun pelatihan berbasis kompetensi menggunakan dana APBN 2021, untuk tahap pertama Disnakertan melalui UPTD BLK melatih 48 peserta yang dibagi 3 kelompok.

“Dari 48 peserta yakni pelatihan kejuruan pembuatan roti dan kue ada 16 orang, kejuruan menjahit pakaian dewasa 16 orang, dan kejuruan pengelolaan administrasi perkantoran sebanyak 16,” jelasnya. 

Mereka, kata dia, sebelumnya sudah mengikuti tahapan pendaftaran, tes tertulis, wawancara dan rapid tes oleh Dinas Kesehatan. 

Kepala UPTD BLK, Elisyatun Muslimah menambahkan secara teknis dari 48 peserta akan mengikuti pelatihan total dengan dibekali materi softskill, produktivitas dan materi unit kompetensi inti.

“Untuk pelatihan menjahit pakaian dewasa dan kejuruan pengelolaan administrasi perkantoran berlangsung 25 Februari hingga 7 April 2021 dan pembuatan roti dan kue 25 Februari sampai 19 April 2021,” terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar