BPBD Batang : Banjir Terjang 4 Lokasi, 1 Rumah Roboh dan Jembatan Putus

  Selasa, 19 Januari 2021   Muslihun
Bupati Batang Wihaji meninjau jembatan putus penghubung antar desa Wonodadi - Pesalakan, Kecamatan Bandar. (Foto : Muslihun/ kontributor Batang)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan, ada empat titik lokasi banjir di Kota Batang.

Keempat lokasi itu, Keluarahan Karangasem utara, Desa Karanganyar, Desa Kalipucang Wetan, Klidang Lor.

“Dukuh Kutosari Kelurahan Karangasem Utara menjadi titik banjir paling parah, sampai saat ini keringgian 40 cm, untuk Klidang Lor 30 cm,” kata ulul Azmi 

Dikatakan, sejak Senin (18/1/2021) malam relawan BPBD sudah melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. 

“Warga ada yang dievakuasi ke tempat saudaranya dan ada yang di Masjid Al Ikhlas. Kita lakukan evakuasi sampai pukul 04.00 WIB dengan menggunakan perahu karet yang ada di Kelurahan Karangasem Utara sebanyak 3 buah, perahu karet BPBD evakuasi di Desa Klidang Lor” jelasnya.

Adapun untuk Desa Karanganyar dan Kalipucang Wetan tidak ada yang dievakuasi karena ketinggian debit air tidak sampai 30 centi meter.

“Dapur umum bertempat di Kelurahan Karangasem Utara, BPBD dan PMI dan Lazisnu menyiapkan peralatan dan logistik, nanti yang masak dari relawan dan petugas kelurahan,” kata Ulul Azmi. 

Selain banjir, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Batang juga mengakibatkan pohon tumbang Desa Sentul Kecamatan Gringsing, Desa Timbang Kecamatan Banyuputih, Desa Adinuso Reban dan desa Wonokerto Kecamatan Bandar. 

“Satu rumah roboh terjadi di Desa Wonomerto Bandar, karena tertimpa pohon pete. Saat kni masih dalam penanganan oleh posko relawan kecamatan,” jelas Ulul Azmi. 

Tidak hanya itu, bencana banjir juga mengakibatkan putusnya jembatan penghubung antar Desa Wonodadi – Pesalakan Kecamatan Bandar.

“Jembatan putus sudah di tangani oleh DPU PR , saat ini lagi dia asesmen untuk penanganan,” pungkas Ulul Azmi. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar