5 Kecamatan di Kendal Tergenang Air Usai Hujan Deras Sejak Senin

  Selasa, 19 Januari 2021   Fitria Rahmawati
Warga melintas genangan banjir di Desa Manggungsari Weleri Selasa (19/01/2021) . (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOBATANG.COM - Hujan yang mengguyur Kendal sejak Senin sore hingga Selasa (19/01/2021) siang mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir. Setidaknya 9 desa di 5 kecamatan tergenan banjir baik akibat limpasan sungai maupun derasnya hujan.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal mengungkapkan, lima kecamatan tersebut yakni Brangsong, Ngampel, Rowosari, Weleri dan Kota Kendal. 

AYO BACA : Jokowi ke Sulbar Kunjungi Korban Gempa

"Di Kecamatan Brangsong desa yang terendam Tosari dan Sidorejo. Sedangkan Kecamatan Ngampel di Desa Sudipayung," kata Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo, Selasa.

Daerah lain yang terkena banjir yakni Duaun Traju Desa Manggungsari Weleri dan Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari. Banjir di dua kecamatan ini antara 20-50 sentimeter. 

AYO BACA : Risiko Bencana Indonesia Masih Tinggi, Pidie Aceh Banjir

"Kalau rata rata ketinggian air antara 10-50 centimeter dan itu akibat limpasan dari saluran dan sungai," imbuhnya.

Warga belum ada yang mengungsi karena air akan surut jika debit saluran atau sungai menyusut. Sedangkan luapan sungai Kendal juga berdampak kelurahan yang berada disepanjang sungai tergenang.

Yang paling parah ada di Kelurahan Kebondalem dan Pegulon. Bahkan pemukiman warga di Pegulon sudah menjadi langganan banjir jika hujan deras dan sungai meluap.

Mesin pompa dikerahkan untuk mengurangi genangan, termasuk saluran yang mengarah ke komplek kantor bupati agar tidak banjir. (Ayosemarang/ Edi)

AYO BACA : Banjir Batang, 80 Rumah di Karangasem Utara Terendam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar