Investasi yang Masuk ke RI Harus Libatkan UMKM di Daerah

  Senin, 18 Januari 2021   Dwi Ariadi
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Suara.com/Mohammad Fadil Djailani)

JAKARTA, AYOBATANG.COM - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa dirinya acap kali menemukan para pengusaha besar yang enggan melibatkan pelaku usaha di daerah dalam menggarap sebuah proyek investasi.

Padahal kata dia investasi juga harus masuk ke daerah-daerah agar pertumbuhan ekonomi merata di seluruh wilayah.

"Pengusaha harus mengerti, harus melibatkan anak daerah," kata Bahlil dalam acara penandatanganan kesepakatan pendanaan kepada pelaku UMKM yang dilakukan secara virtual, Senin (18/1/2021).

Dirinya pun menegaskan bahwa kini tak akan ada lagi investasi yang masuk ke Indonesia tanpa melibatkan pengusaha daerah. Selain itu, pengusaha besar juga harus melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Arahan Pak Menko Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Pandjaitan), beliau katakan bahwa tidak boleh pengusaha mengatur negara. Negara yang mengatur usaha. Kami akan melakukan komunikasi yang baik libatkan teman-teman daerah," tegas Bahlil.

Tak hanya itu dirinya juga meminta kepada seluruh gubernur dan walikota agar selalu melibatkan pelaku UMKM jika ada investasi yang masuk ke daerah. Pasalnya, UMKM juga berperan penting dalam mendorong perekonomian dalam negeri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar