Kapal Nelayan Batang Kecelakaan di Perairan Jepara, 2 ABK Selamat 12 Orang Masih Dicari

  Rabu, 13 Januari 2021   Muslihun
Sejumlah nelayan Jepara mengevakuasi korban kecelakaan kapal.(dok)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM – Kapal nelayan Batang mengalami kecelakaan di Perairan Jepara. Dugaan sementara, kapal jenis cantrang ini tertabrak oleh kapal besar dan terbalik di Perairan Lemah Abang, 13 mil dari bibir pantai Pailus.

Atas kejadian tersebut, dari 14 anak buah kapal (ABK) baru dua orang nelayan korban kecelakaan yang ditemukan oleh nelayan Jepara. 

Keduanya dalam kondisi selamat dan saat ini sudah berada di RSUD RA Kartini Jepara untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang, Teguh Tarmujo, membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi oleh Ayobatang.com, Rabu (13/1/2021). 

“Informasi nelayan kami yang kecelakaan saya terima siang tadi pukul 12.00 WIB, kami langsung mendatangi rumah dua nelayan yang dikabarkan selamat, ternyata benar sesuai dengan identitasnya dan diakui oleh pihak kelurganya,” katanya.

Saat itu juga, kata dia, langsung berkordinasi dengan pihak Satpol Air Polres dan TNI AL Batang untuk meneruskan informasi ke jajaran yang lebih tinggi untuk segera ditindaklanjuti. 

“Kita sudah berkordinasi ke semua instansi untuk segera ditindaklanjuti, kalau bisa 12 nelayan bisa terdeteksi dan harapanya bisa selamat,”bebernya. 

Menurut informasi yang diterima Teguh Tarmujo, kapal nelayan Batang berangkat hari Sabtu (9/1) pukul 17.00 WIB.
Lalu pukul 00.00 WIB menuju ke darat, tapi belum sempat mendarat diduga ditabrak oleh kapal besar. 

“Sampai detik ini kapal besar yang menabrak belum diketahui nomor lambungnya dan asal kapal dari mana,” jelasnya. 

Ia pun menjelaskan, dari 12 nelayan asal Batang sampai saat ini belum tahu keberadaanya. 

“Saat ini saya sudah berada di Jepara untuk mencari informasi, kalau dua korban yang selamat bisa memberikan informasi menjadi titik terang bagi kita,” kata Teguh Tarmujo.

Adapun identitas korban yang selamat yakni Sairi (59) kapten kapal, Kadarso (35) dengan alamat RT 1 RW 3 desa Klidang Lor Kecamatan Batang. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar