Usai Banjir, Puluhan Warga Desa Plumbon Temukan Uang Sekitar Rp23 Juta

  Jumat, 20 November 2020   Muslihun
Uang hasil temuan warga pascabanjir di Batang. (dok)

BATANG, AYOBATANG.COM- Puluhan warga Desa Plumbon Kecamatan Limpung, Batang menemukan uang kertas senilai Rp50 ribu dan Rp100 ribu tercecer di aliran sungai irigasi dan sawah.

Dari temuan uang tersebut yang ditemukan warga kisarannya mencapai Rp23 juta. 
Jito, Kepala Desa Plumbon pun mebenarkan kejadian misteri penemuan uang yang ditemukan warga di tengah pandemi covid-19. 

"Kalau kejadian penemuan uang pukul 05.00 usai subuh oleh Nur Khamid. Ketika itu, ia lagi ke sawah miliknya untuk membersihkan irigasi karena semalam terjadi banjir," kata Agus Arjto, saat ditemui di rumahnya, Jumat (20/11/2020).

Selang beberapa waktu, teman Nur Khamid juga sama menemukan uang di seputaran sawah dan irigasi dalam kondisi basah dan kotor.

"Ada sekitar 12 orang menemuakan uang, hingga sore hari ada sekitar 50 orang yang ikut mencari juga menemukan uang kertas Rp,50 ribuan dan Rp100 ribuan dengan total uangnya mencapai Rp23 juta lebih," ungkapnya.

Tidak hanya itu, ada juga yang menemukan uang senilai Rp10 juta dalam satu ikatan kertas Rp100 ribuan. 

Atas kejadaian penemuan uang tersebut, Kepala Desa Plumbon berinisiatif melakukan pengecekan uang ke bank untuk memastikan keasliannya.

"Karena saya takut uang itu palsu, maka uang yang ditemukan warga saya tarik untuk dicek ke bank dan Alhamdulilah ternyata uangnya asli," jelas Agus Arjito.

Ia pun mengimbau kepada warga yang menemukan uang untuk tidak digunakan dahulu dan diamankan, karena barangkali ada orang yang kehilangan uang. 

"Tadi saya sudah konfirmasi ke Kades sebelah, karena aliran irigasi yang ditemukan uang sumbernya dari Desa Tembok. Tapi masyarakat tidak ada yang merasa ataupun melapor kehilangan uang," Jelas Agus Arjito.

Sementara Nur Khamid orang yang pertama menemukan uang di sawah miliknya menuturkan tidak menyangka sama sekali menemukan uang senilai Rp10 juta. 

"Kalau di total ada sekitar Rp10 juta. Pertama saya menemukan itu lagi bersih - bersih sungai  melihat ada uang kertas Rp100 ribu, terus noleh ke samping ada Rp50 ribuan. Lalu saya bersih - bersih lagi ada Rp100 ribu lagi," katanya.

Ia pun mengira kalau di bawah alur sungai irigasi tersebut ada banyak uang lagi yang tercecer.

"Ternyata di bawah ada banyak uang yang tercecer di jerami deket sungai, karena ada teman yang melihat, mereka pun ikut mencari dan memberikan kabar ke tetangganya," kata Nur Khamid.

Hingga sore hari masih banyak ditemukan. Orang yang mencarai uang di sawah dan irigasi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar