Normalisasi Sungai di Batang Libatkan 4.800 Tenaga Kerja

  Kamis, 19 November 2020   Muslihun
Bupati Wihaji tinjau padat karya saluran sungai Gendingan Dukuh Pecarian Kelurahan Proyoanggan Utara Kecamatan Batang. (Muslihun/ Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Sebanyak 4.800 orang warga di sekitar sungai dipekerjakan dalam normalisasi untuk program padat karya di masa pandemi covid-19. 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Suprapto mengatakan, dalam kegiatan normalisasi sungai yang melibatkan warga dibagi dalam dua pekerjaan dengan total anggaran mencapai Rp1,3 miliar.

\"Untuk padat karya normalisasi saluran drainase Gendingan sepanjang 5 km dikerjakan oleh warga di 6 Kelurahan dan 1 desa yang dibagi 9 kelompok kerja, satu kelompok ada 20 sampai 23 orang,\" kata Suprapto.

Ia pun menyebutkan, padat karya normalisasi sungai Gendingan dalam satu hari menyerap 200 orang tenaga, selama 20 sampai 30. 

AYO BACA : Warga Terlibat Padat Karya Normalisasi Sungai Dapat Upah Rp75.000

\"Totalnya dalam 30 dapat menyerap 6.000 tenaga kerja untuk normalisasi sungai Gendingan,\" jelasnya.

Adapun normalisasi saluran sekunder Kalimati, dan saluran pembuangan Guyangan dengan panjang 1,4 yang berada di wilayah Kelurahan Kasepuhan dibagi 8 kelompok kerja.

\"Dalam kelompok kerja ada sekitar 15 sampai 23 orang, sehingga satu hari menyerap 160 orang selama 20 sampai 30 hari. Dengan total pekerja sebanyak 4.800 tenaga kerja,\" ungkap Suprapto.

AYO BACA : Suplai Air Bersih KIT Batang, Kementrian PUPR Bangun Bendungan

 Untuk proses pengerjaan masing-masing pokja melakukan pengerjaan awal membersihkan sampah, kemudian membersihkan aliran dari tumbuhan liar, mengangkat sedimen dengan kedalaman tertentu, terakhir perapian dan keindahan aliran. 

\"Pelaksanaan kegiatan normalisasi dimulai 7 November sampai dengan 10 Desember 2020 secara serentak di dua pekerjaan oleh semua kelompok kerja,\" tambahnya.

Dalam padat karya tersebut didukung tim teknis untuk menargetkan setiap kelompok selesai sebelum 20 hari kerja.

\"Sampai Rabu tanggal 18/11/2020, pelaksanaan sudah 11 hari kerja kelompok yang rata-rata sudah 50 % dinormalisasi,\" jelasnya.

AYO BACA : Wihaji Dukung Ajakan OJK Pelaku UMKM Kolaborasi Bisnis Digital

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar