Desa Kemiri Barat Digadang Jadi Desa Budaya dan Seni

  Kamis, 19 November 2020   Muslihun
Bupati Batang Wihaji kunjungi rumah produksi karya seni Desa Kemiri Barat. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM- Untuk menambah destinasi wisata, Pemkab Batang proyeksikan Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, Kabupaten menjadi Desa Seni dan Budaya.  Hal itu menjadikan pelengkap wisata yang ada di Kabupaten Batang, setelah pencetusan desa edukasi yaitu Desa Mandarin di Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal. 

Proyeksi Desa Seni dan Budaya didasari banyaknya seniman, dan pelaku industri kreatif di Desa Kemiri Barat. Tak hanya itu, agenda budaya juga menjadi pagelaran tahunan di Desa Kemiri Barat selalu ditunggu oleh masyarakat. 

Hal itu membuat Pemkab Batang melirik Desa Kemiri Barat, dan melakukan kunjungan. Bupati Batang Wihaji, yang memimpin kunjungan tersebut juga sempat singgah ke workshop satu di antara pelaku industri kratif.
Menurut Bupati Wihaji, Desa Kemiri Barat sangat cocok dijadikan Desa Seni dan Budaya. 

"Kalau ditata menjadi Desa Seni dan Budaya pasti akan hidup dan akan kita SK kan. Bahkan bisa saja Kecamatan Subah dijadikan Malioboronya Kabupaten Batang," paparnya saat berkunjung ke Desa Kemiri Barat, Kamis (19/11/2020).

Dilanjutkannya, karya pelaku industri kreatif di Desa Kemiri Barat juga sudah tersebar luas, tinggal ditingkatkaan penjualannya.

"Bahkan karya seniman di desa ini masuk dalam nominasi ajang film pendek tingkat nasional. Potensi ini harus dikembangkan," paparnya.

Beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Batang, Suyono, juga mendukung adanya konsep Desa Seni dan Budaya di Desa Kemiri Barat. 
Bahkan ia meminta jajaran Disparpora Kabupaten Batang mendukung pelaksanaan pagelaran seni budaya di Desa Kemiri Barat.

"Misal masyarakat Desa Kemiri Barat butuh bantuan, baik dana maupun sokongan konsep, bisa minta bantuan ke Pemkab. Saya sangat mendukung jika Desa Kemiri Barat bisa dijadikan Desa Seni dan Budaya," tambahnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar