Suplai Air Bersih KIT Batang, Kementrian PUPR Bangun Bendungan

  Rabu, 18 November 2020   Muslihun
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia bersama Bupati Batang Wihaji dan jajaran konsorsium meninjau KIT Batang. (Muslihun/kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Branding Batang sebagai surganya investasi yang digembar gemborkan Bupati Wihaji bukan isapan jempol belaka. 

Berbagai infrastruktur pendukung terwujudnya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang terus dikebut pembangunannya.

Adapun hingga kini, akses simpang susun di KIT Batang terus dikebut penyelesiaannya. Beberapa fasilitas seperti galeri promosi juga sudah rampung dikerjakan.

Selain tengah merampungkan akses menuju KIT Batang bersama konsersium, Pemkab juga tengah memikirkan pemenuhan air bersih untuk KIT. 

Pasalnya suplai air bersih menjadi kebutuhan primer selain listrik, yang akan dipasok dari PLTU Batang.

Guna memenuhi kabutuhan air bersih, Pemkab Batang bersama Kementerian PUPR berencana membangun bendungan.

Dijelaskan Bupati Batang Wihaji, semua fasilitas untuk KIT Batang tengah dikerjakan, termasuk perencanaan bendungan. 

"Untuk suplai air nantinya akan mengambil air bendungan dengan memanfaatkan air dari dua sungai yang melintasi Kecamatan Tulis," paparnya saat ditemui di kantornya, Rabu (18/11/2020).

Dilanjutkannya, meski belum fix lokasi pembangunannya, namun dalam rencana pembangunan bendungan akan menggunakan luasan tanah mencapai 100 hektar. 

"Kemungkinan luasan tanah yang akan digunakan mencapai 100 hektar, namun kami akan koordinasikan terlebih dahulu bersama kementerian," paparnya. 

Selain pembangunan bendungan, Bupati Wihaji juga memastikan tentang tenan yang akan menempati KIT Batang. 

"Produsen batre sudah fix masuk, dan akan dilakukan ground breaking. Nantinya kalau Presiden berkenan akan membuka ground breaking tersebut," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar