Libur Panjang, Disparpora Batang Perketat Prokes Antisipasi Klaster Wisata

  Senin, 26 Oktober 2020   Muslihun
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budisantoso. (Muslihun/kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Pemerintah telah memutuskan ketentuan libur dan cuti bersama, Rabu hingga Sabtu (28-31/10/2020). 

Saar libur panjang tersebut diperkirakan masyarakat akan memanfaatkannya untuk berwisata.

Antisipasi lonjakan keunjungan wisata dimasa adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang perketat protokol kesehatan di sejumlah obyek wisata.

"Lonjakan pengunjung obyek wisaata pasti meningkat. Oleh karena itu, antisipasi penularan virus disparpora sudah menerbitkan surat edaran himbauan kepada pengelola wisata untuk disiplin terapkan protokol kesehatan," kata Kepala Disparpora Wahyu Budisantoso, Senin (26/10/2020). 

Tidak hanya itu lanjutnya, Disparpora hari ini Senin 26 Oktober menggelar pertemuan dengan pengelola obyek wisata sebgai langkah antisipasi lonjakan pengunjung.

"Pertemuan tersebut khusus antisipasi liburan untuk edukasi ke pengelola destinasi wisata dengan pemateri satgas covid-19 dan Satpol PP," katanya saat ditemui di Kantornya.

Ia pun mengatakan, Kabupaten Batang sekarang masuk dalam status zona merah. Maka ada pengurangan pengunjung obyek wisata. 

"Walapun klaster obyek wisata di Batang belum ditemukan, tapi kita disipilin kurangi pengunjung hingga 50 persen, kalau 50 persen dari kunjungan pengelola wisata harus berani menolak," ungkap WahyU Budisantoso.

Sebagai upaya antisipasi penularan virus korona di tempat - tempat wisata pada libur cuti bersama, Satgas covid-19 terdiri dari Polres Batang, Satpol PP dan dians kesehatan akan lakukan monitoring di sejumlah obyek wsiata.

"Satgas covid-19 lakukan monitoring disejumlah obyek wsiata, selain lakukan  operasi yustisi masker, juga edukasi 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerunan," pungkas Wahyu Budisantoso. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar