Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan Nunggak Iuran Rp115 Miliar

  Rabu, 26 Agustus 2020   Muslihun
Sejumlah calon Peserta PBJS Kesehatan Cabang Pekalongan mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional. (Muslihun/kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- BPJS kesehatan Cabang Pekalongan mencatat jumlah peserta sebanyak 194.109 peserta mandiri Jaminan Kesehatan Nasional. 

Jumlah tersebut besaran tunggakannya yang harus dibayarkan sebasar Rp115 miliar tersebar di wilayah kerjanya, meliputi Kabupten Brebes, Kabupaten Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kota Tegal, dan Kota Pekalongan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Niken Sawitri mengatakan, di masa pandemi Covid-19 pemerintah sudah menetapkan kebijakan relaksasi iuran kepada peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

"Bagi peserta yang menunggak diatas 6 bulan bisa aktif jika membayar minimal 6 bulan dari tunggakanya dan satu bulan dibulan berjalan ini,"kata Niken Sawitri saat media gathering, Rabu (26/8/2020) di kantor Cabang BPJS Pekalongan. 

Niken melanjutkan, peserta yang menunggak iuran tidak usah melunasi semunya, tidak hanya itu pelunasanya tunggakan juga diberi kelonggaran hingga Desember 2020.

"Saya harap peserta yang mempunyai tunggakan dpergunakan dan manfaatkan program relaksasi karena hanya sampai Desember 2020,"katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa mulai Juli 2020 BPJS kesehatan sudah tidak memiliki hutang.

"Hutang BPJS sudah lunas, sehingga tidak ada lagi hutang kepada rumah sakit. Kalau rumah sakit mengajukan klaim akan kami bayarkan paling lambat 15 hari," jelasnya.
 
Adapaun peserta yang tercatat di BPJS kesehatan cabang Pekalongan sebanyak  2.909.200 orang meliputi peserta mandiri maupun peserta dari PBI (Penerima Bantuan Iuran) APBD provinsi 32.765 peserta, PBI APBD Kabupaten 206.564  peserta, PBI APBN 1.845.921 peserta, PPU (Pekerja Penerima Upah) 424.432 peserta, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) 342.479 peserta dan Bukan Pekerja (BP)  57.039 peserta. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar