Bupati dan DPRD Batang Teken Raperda, Naikkan Bantuan Keuangan Parpol 100%

  Rabu, 29 Juli 2020   Muslihun
Bupati Batang Wihaji disaksikan Ketua DPRD Batang Maulana Yusuf dan Wakilnya menandatangani Raperda Tentang Bantuan Keuangan Partai Politik. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM- Di masa pandemi covid-19, DPRD dan Bupati Batang sepakat menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang bantuan keuangan Partai Politik. 

Bupati Batang Wihaji mengatakan, Perda bantuan keuangan Partai Politik sudah ada kesepakatan dan mendapat persetujuan DPRD.

\"Kenaikan bantuan keuangan berdasarkan jumlah suara, dari Rp1.500 persuara kita naikkan menjadi Rp3.000 persuara,\" kata Wihaji.

AYO BACA : Bank Indonesia Cetuskan Holding Ponpes untuk Tingkatkan Kemandirian

Perolehan bantuan keuangan parpol tersebut paling banyak PKB karena sebagai pemenang Pemilu yang mendapat 10 kursi di DPRD. 

\"InsyaAllah uangnya ada, namun Raperda masih menunggu persetujuan gubernur,\" kata Wihaji. 

Bantuan keuangan Parpol sebagai perhatian Pemkab dalam membangun penguatan demokrasi yang sekarang ini biayanya sangat mahal. 

AYO BACA : Dinas LH Sarankan Bungkus Daging Kurban Pakai Daun dan Besek Bambu

\"Bantuan keuangan sebagai bentuk perhatian Pemerintah terhadap Parpol, sesuai dengan regulasi dan kemampuan keuangan daerah,\" jelasnya. 

Sementara Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Akhmad Handy Hakim, walaupun kenaikan bantuan keuangan Parpol sudah dapat disetujui oleh DPRD tapi masih menunggu persetujuan Gubernur Jateng.
 
\"Jadi untuk tahun ini bantuan keuangan Parpol belum bisa naik, dimungkinkan kenaikannya tahun 2021,\" kata Akhmad Handy Hakim. 

Bantuan Keuangan Parpol di Kabupaten Batang dari 2012 hingga 2020 tidak ada kenaikan.
 
\"Kenaikannya memang 100% tapi terbilang sedikit, karena totalnya hanya Rp1,2 miliar dan naik sekitar Rp1,4 miliar,\" jelasnya.

Adapun Parpol yang menerima bantuan keuangan di antaranya, PKB, PDIP, Golkar, PPP, Gerindra, PAN, PKS, Demokrat dan Nasdem.

AYO BACA : DPRD Batang Setuju Sanksi Sosial Bagi Warga Tak Pakai Masker

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar