Bupati Wihaji Uji Coba Penerapan New Normal di Pasar Batang

  Sabtu, 06 Juni 2020   Muslihun
Gunakan masker dan face shield Bupati Batang Wihaji saat monitoring rencana pelaksanaan new normal di pasar Batang. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Bupati Batang Wihaji memastikan tidak ada penutupan pasar di Kabupaten Batang saat pandemi Covid-19. 

Pihaknya akan melaksakan uji coba new normal atau tatana hidup baru dengan perketat protokol kesehatan bagi pedagang dan pembeli.  

"Pasar tidak boleh berhenti apalagi tutup. Ini tempat rakyat kecil mengais rezeki tetapi perketat dan wajib semua pedagang dan pengunjung patuhi protokol kesehtan," Kata Wihaji, Sabtu (6/6/2020). 

Bupati Wihaji mengklaim, Pasar Induk Batang termasuk pasar yang sudah memenuhi standar protokol kesehatan. 

"Alhamdulillah dari hasil rapid masal secara acak kepada 150 pengunjung dan pedagang pasar semunya negatif," kata Wihaji.

Pada pelaksanaan new normal di pasar, baik pedagang maupun pembeli harus membisakan penggunaan masker dan face shield, cuci tangan dan physical distancing demi mencegah penyebaran covid-19. 

"Protokol kesehatan untuk melindungi semunya, apalagi lansia yamg rentan sekali tertular," tutup wihaji. 

Sementara Kepala Perindustrian, Perdagang Koperasi dan UKM Batang Subianyanto mengatakan, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Korona, sebanyak 8 pasar yang dikelola Pemkab sudah dilengkapi Protokol kesehatan. 

"Pasar Batang, Bandar, Warungasem, Blado, Bawang, Tersono, Plelen Gringsing Protokol kesehatanya sama," jelasnya

Dinas Perindagkop dan UKM juga sudah membuat surat edaran teetkait kondiai persiapan new normal life di pasar. 

"Tempat Cuci tangan sudah kita, pintu masuk pasar ada penyemprotan disinfektan, bilik kios untuk jaga jarak sudah dipasang, masker sudah kita bagi ke pasar sebanyak 5.000," tutupnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar