Bulan Ramadan Volume Sampah di Batang Naik 15%

  Rabu, 20 Mei 2020   Muslihun
Kondisi salah satu TPS di daerah Keluarahan Kauman Batang. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang, Agus Riyadi mengatakan, di wilayah Kota Batang pada bulan Ramadan volume sampah mencapai sekitar 200 meter kubik. 

"Ada kenaikkan sekitar 10% hingga 15% dari volume sampah sehari-hari yang diangkut DLH Batang,"kata Agus, Rabu (20/5/2020). 

Kenaikkan volume sampah dikarenakan salah satunya maraknya penggunaan plastik lantaran menjamurnya aneka takjil dan hidangan untuk berbuka. 

"Volume sekitar 200 meter kubik. Kenaikkan ini karena banyaknya penggunaan sampah khususnya plastik karena masyarakat banyak berbelanja kebutuhan sahur atau buka serta persiapan lebaran," jelasnya.  

Sementara untuk lebaran sendiri pihaknya sudah mempersiapkan 7 armada truk kontainer dan 4 doplak. Nantinya petugas akan dikerahkan malam hari sebelum hari raya. Sehingga ketika hari H hari raya keadaan sudah bersih dan nyaman.

"Sampah diambil pada malam lebaran. Baru H+1 kembali operasional lagi. Untuk hari H lebaran kami liburkan para kru keberadaan dan kru armada untuk libur. Agar bisa menikmati masa  lebaran bersama keluarga masing-masing," imbuh Agus. 

Ia berharap masyarakat juga bisa bijak guna meminimalisir penggunaan sampah plastik. Dan diharapkan bisa menggunakan tas berbelanja ketika akan berbelanja ke pasar ataupun minimarket.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar