Mes Persibat Batang Disiapkan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19

  Kamis, 26 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Bupati Batang Wihaji di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Batang dr Mukhlasin dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Wahyu Budi Santoso mengunjungi Mes Persibat Batang yang rencananya sebagai Rumah Sakit Darurat, Kamis (26/3/2020). (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Bupati Batang Wihaji terus berupaya melakukan langkah - langkah skenario darurat dalam penangangan wabah Covid-19. 

Salah satunya menyiapakan rumah sakit darurat sebagai tempat isolasi untuk pasien darurat covid-19. Tempat isolasi tersebut rencananya menggunakan mes Persibat ( Persatun Sepak Bola Batang) yang berada di Jalan Letjen Suprapto Batang. 

"Mes Persibat kita survai yang nantinya sebagaj salah satu tempat isolasi pasien dalam pengawasan (PDP), seandainya ada kejadian luar biasa covid-19," jelas Bupati Batang Wihaji saat survai mes Persibat Batang, Kamis (26/3/2020). 

Fasilitas mes cukup komplit dari kamar mandi dan ruanganya menggunakan ac lanjutnya, gedung mes Persibat mampu menampung minimal 24 pasien dengan 12 kamar. 

"Dinas Kesehatan masih menghitung kebutuhan para medisnya, alat pelindung diri, kita juga rencananya membuka pendaftaran  relawan bagi perwat dan bidan untuk ditugaskan ditempatkan di Rumah Sakit Darurat, karena tidak meungkin mengambil petugas dari Puskesmas dan Rumah Sakit," jelas Wihaji.

Menyiapkan tempat isolasi tersebut juga telah mendapatkan support dari DPRD, sehingga diharapkan nantinya mendapat dukungan anggaran, karena kebutuhan tidak sedikit.

Bupati juga menjelaskan untuk sampai saat ini perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) ada 51 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) ada 6 orang, tiga di RSUD Kalisari Batang dan tiga di Rumah Sakit QIM. 

"Darai enam orang PDP berasal dari Kecamatan Limpung, Subah dan Tulis,"Tutup wihaji. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso menjelaskan, Mes Persibat merupakan fasilitas Pemkab Batang yang dipinjam oleh PT Persibat. 

"Anjuran Pemerintah pusat agar pemerintah daerah harus menyiapkan sarana prasarana untuk langkah - langkah darurat untuk isolasi, karena mes Persibat fasilutasnya representatif maka akan digunkan sebagai rumah sakit darurat," jelas Wahyu Budi Santoso. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar