Ngeyel Buka, Bupati Batang Tindak Tegas Tempat Hiburan Demi Cegah Covid-19

  Jumat, 20 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Petugas TNI dan Dinas Pariwista saat sidak tempat hiburan karaoke di wilayah Kabupaten Batang pada tahun lalu. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Bupati Batang Wihaji mengatakan untuk sementara tempat hiburan dan wisata di Batang sementara ditutup.

"Kalau tempat hiburan seperti karoke dan wisata tetepa ngeyel buka, kita tindak tegas," kata Bupati Batang Wihaji.

Pelarangan buka sementara sudah kita buatkan surat edaran melalui dinas pariwisata dan pemuda olahraga dengan nomor surat 556/260/2020. 

"Tempat hiburan pasti ada kerumunan dan interaksi dari berbagai orang yang kita tidak tahu dari mana, maka kita cegah dan tutup dulu agar pandemi covid-19 tidak mewabah di Batang," Katanya saat ditemui di Kantornya, Jumaat (20/3/2020). 

Semenatara Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda, Wahyu Budi Santoso mengatakan, surat edaran tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Batang Nomor : 440/0610/2020 tanggal 15 Maret 2020 penhal Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Batang dan Surat Kepala Dlnas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/908 tanggal 16 Maret 2020 perihal Penutupan Sementara Destinasi Wusata dan Hlburan. 

Adapaun surat himbauan penutupan tempat hiburan dan wsiata meliputi:

1. Memperhatikan perkembangan dampak virus COVID-19 dan demi kepentingan masyarakat, mak duhumbau untuk Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan ditutup sementara waktu sampai dengan evaluasi terhadap perkembangan situasi yang ada. 

2. Selama masa penutupan diminta untuk melakukan gerakan pembersihan dengan disinfektan dan/atau alat kebersihan lainnya sesuai dengan standar kesehatan dan/atau Rumah Sakit. 

3. Untuk |ayanan pengaduan dan penanganan COVlD-19 Pemerintah Kabupaten Batang membentuk Posko Pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dengan Juru bicara Kepala Dunas Kesehatan Kabupaten Batang dr. H. Mukhlasin, M.Kes, atau hubungi No. HP 08122602110. 

"Saya harap ada kerjsamanya kepada pengelola dan pemilil tempat hiburan dan wisata, untuk bersama solidaritas mencegah pandemi covid-19, karena ini hanya penutupan sementara saja, agar masa inkubasi virus bisa berahasil," ujar Wahyu Bdi Santoso. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar