BPBD Batang Buka Posko 24 Jam

  Jumat, 03 Januari 2020   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji bersama Komandan Kodim 0736 Batang Cek peralatan kesiapsiagaan bencana belum lama ini. (Ayobatang.com/Dwi Ariadi)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana.

"BPBD telag membuka Posko 24 jam, seandainya ada kejadian relawan sudah siap," kata Sekertaris BPBD Kabupaten Batang,  Slamet Maktub, Jumat (3/12/2019).

Posko terpusat di Kantor BPBD dengan personel siang hari oleh karyawan staf kantor, tapi kalau malam tim dari relawan.

"Untuk tim relawan wilayah tidak perlu datang di Poko, mereka stanby dan siaga di wilayahnya masing - masing, karena ketika wliayahnya ada bencana mereka langsung terjung ke lokasi," jelas Slamet Maktub.

Menurut Slamet, untuk wilayah Batang Timur yang terdiri dari Kecamatan Bawang, Blado, Reban dan sekitarnya sudah ada relawan yang stanby yakni relwan Batang Rescue, SAR Bravo dan relawan Ormas lainya.

Begitu juga dengan kecamatan yang siap memberikan informasi dan berkokrdinasi dengan TNI dan Polri ketika ada bencana.

"Begitu ada laporan bencana, tim BPBD belum sampai lokasi tapi relawan terdekat sudah bergerak membantu evakuasi dan lainnya. Karena kita juga sudah membentuk masyarakat tangguh bencana agat bisa mengatasinya," katanya

Namun demikian, tim BPBD tetap terjun ke lokasi bencana dengan membawa alat berat atau peralatan yang dibutuhkan oleh relawan untuk proses evakuasi.(Dwi Ariadi) 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar