Ingin Pertahankan WTP, Pemkab Batang Gelar Bintek Akuntansi Berbasis Akrual

  Senin, 04 November 2019   Adib Auliawan Herlambang
Pemkab Batang Gelar Bintek Akuntansi Berbasis Akrual di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (4/11/2019)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Berusaha ingin mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pemkab Batang menggelar bimbingan teknis akuntansi berbasis akrual.

"Bintek akrual adalah penerapan sistem agar penyusunan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) 2019 yang akan diperiksa BPK harus menggunakan sistem," kata Sekda Nasikin usai membika Bintek Akuntansi Berbasis Akrual di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (4/11/2019)

Dalam kegiatan, ASN yang bertugas sebagai akuntan di Pemkab Batang mendapat bimbingan langsung untuk memanfaatkan sistem akrual.

Menurut Sekda,  sistem tersebut untuk mempertahankan opini WTP yang selama ini belum tersistem secara lengkap.

"Pada tahun yang lalu sudah diperingkatkan oleh BPK, untuk segera menggunkan sistem. Oleh karen itu mau tidak mau tahun ini harus menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual dari BPKP," jelas Nasikhin.

Dengan bintek yang diadakan dengan bekerja sama dengan BPK, itu diharapkan dapat mempertahankan opini WTP karena merupakan hal penting bagi Pemda untuk mendapatkan reward dari Pemerintah pusat.

"Opini WTP sekarang menjadi salah satu basis pertimbangan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN." jelas Nasikhin.

Kepala DPPKAD Kabupaten Batang Bambang Supriyanto menjelaskan, akuntasi berbasis akrual merupakan sistem yang dibangun oleh BPK, untuk melakukan pemeriksaan atau mengaudit semua transaksi keuangan dan aset yang ada di Pemkab.

"Pelatihan ini sitem akrual untuk memberikan pelatihan unruk menyambungkan sistem aplikasi e-planing, e-badgeting dan SIMDA keuangan dan barang atau aset, karena tahun lalu belum terkoneksi, sehingga pemeriksaan lebih mudah," jelas Bambang Supriyanto.

Bimbingan teknis tersebut diikuti oleh 98 petugas akuntansi di OPD Kabupaten Batang, yang terbagi menjadai dua angkatan yang akan berlangsung pada 4-7 November 2019.(Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar

//