Gedung Wanita Akan Dibangun Jadi Gedung Kesenian

  Selasa, 08 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Bupati Wihaji hadir dalam penutupan Festival Drama Pelajar, Minggu (6/10/2019) malam yang bertempat di Gedung wanita Batang. (Dwi Ariadi/Ayobatang.com)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM - Bupati Wihaji mewacanakan gedung wanita dijadikan sebagai gedung kesenian Kabupaten Batang.

Pasalnya, perkembangan kesenian di Batang ada kemajuan sangat luar biasa, sehingga sudah selayaknya Pemkab memiliki gedung kesenian.

Hal tersebut disampaikan usai menutup kegiatan Festival Drama pelajar, Minggu (6/10/2019) malam yang bertempat di Gedung wanita Batang.

AYO BACA : Pemkab Batang dan KPK Teken Kerja Sama Implementasi Pendidikan Antikorupsi

\"Gedung Wanita menjadi alternatif tempat penyelenggaraan kesenian, gedung kesenian yang lebih representatif menjadi PR kita ke depan,\" kata Wihaji.

Sementara selama ini setiap kegiatan berada di Jalan Veteran. \"Oleh karena itu untuk tahun-tahun ke depan kita pikirkan gedung kesenian. Untuk jangka pendek gedung wanita belum mampu kita bangun karena keterbatasan anggaran, tapi kita butuh untuk menampilkan dunia seni musik, teater dan seni lain yang mengundang publik,\" jelas Wihaji.

Bupati juga sangat mengapresiasi seni teater karena ada kejujuran dan idealismenya, untuk mengkritik jalan pemerintahan atau negara dengan cara pandang pelaku teater.

AYO BACA : Pemkab Batang Serius Garap Cagar Budaya

\"Saya tidak masalah dengan kritik para seniman teater, karena cara mereka menyampaikan kritik sosial dengan intelektualnya, moderat. Dari pada demo yang berujung anarkis,\" kata Wihaji
Bupati juga sangat menerima dengan pedekatan seni teatrikal teater dalam menyampikan pendapatnya, karena sangat elegan dan bebas mengkritik apa saja di ruang demokrasi.

\"Teater semangatnya adalah seni untuk membangun karakter, dan orang seni itu lebih jujur. Karena sekarang kejujuran  mahal harganya.\" jelasnya.

Oleh karena itu, Pemkab selalu mendukung kegiatan kesenian yang ada di Batang guna mendukung visit Batang 2022, karena sebuah peradaban yang maju pasti dibarengi dengan kemajuan seni dan budaya.

Sementara  Ketua  Panitia Festival Drama pelajar Akhmad Syaiful Muluk mengatakan, kegiatan drama teater sudah menjadi agenda tahunan di Batang, yang ditunggu-tunggu oleh kaum pelajar.

\"Seni teater di Batang setiap tahunnya mengalami kemajuan dan peminatnya pun semakin banyak, maka kami harapkan Pemkab membangun Gedung Kesenian,\" kata Akhmad Syaiful Muluk.

Pementasan teater pada kali ini digelar selama tiga hari dimulai tanggal 4-6 Oktober 2019, dan berhasil menjadi yang terbaik satu dari SMKN 1 Batang teater Undercover, terbaik dua teater Lentera dari MA Darusalam Subah, terbaik ketiga teater Langit dari SMKN 1 Kandeman.

AYO BACA : 35 Kota/Kabupaten di Jateng Didorong Ramah Lansia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar