Gapura Kasepuhan Batang Masuk Nominasi Lomba Gapura Cinta Negeri

  Sabtu, 14 September 2019   Dwi Ariadi
Gapura Gang Manggis RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang yang berhasil masuk dalam urutan 32 kategori pemenang apresiasi tingkat nasional.

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Gapura Gang Manggis RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang, berhasil masuk dalam urutan 32 kategori pemenang apresiasi tingkat nasional dalam lomba Gapura Cinta Negeri ,untuk menyambut Haru Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 RI.

"Walaupun baru bisa masuk urutan 32 kategori pemenang apresiasi merupakan kebanggan bagi kami, karena dengan kekompakan dan guyub rukunnya warga mampu berkarya untuk menujukan kreativitas dan inovatisinya di tingkat nasional," kata Darno selaku pengurus RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang, Kamis ( 12/9/2019) lalu.

Ia juga mengatakan, lomba gapura bagian dari menggugah kembali semangat nasionalisme warga.

''Kebanggaan kami, dari daftar peserta yang masuk sebanyak 1.793 peserta, untuk kategori umum sebanyak 1.546 gapura, kategori instansi 337  gapura. Dari jumlah peserta tersebut dinilai kurator dan terseleksi 50 besar kategori umum dan 10 kategori. Dari 50 gapura kategori umum dipilih 10 pemenang untuk diundang ke istana bertemu presiden,'' kata Darno.

"Tema gapura yang kita angkat sejarah  perang kemerdekaan untuk menggali kembali semangat cinta Tanah Air bagi generasi muda menjadi SDM yang unggul untuk Indonesia yang lebih maju," kata Darno.

Rangkaian pembangunan gapura secara keseluruhan menggunakan bahan-bahan bekas seperti plastik sebagai wujud dari program Pemerintah dalam pengurangan sampah plastik.

"Untuk ornamen kita menggunakan dari bahan bekas, seperti air minum kemasan pada bambu yang dibungkus plastik. memakai kayu bekas yang dibungkus plastik menyerupai pagar bumi. ikon gapura yang berupa pesawat terbang terbuat dari bambu dilapisi kertas semen bekas dengan perekat lem dari tepung kanji," jelas Darno

Pembuatan gapura menghabiskan biaya Rp 2.679.000 yang merupakan swadaya murni warga.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar

//