Bupati Wihaji Gelar Sayembara Pilkades Tanpa Politik Uang

  Rabu, 11 September 2019   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji bersama Forkopimda silaturahmi kamtibmas jelang Pilkades di Kantor Kecamatan Bandar, Batang, Rabu,(11/9/2019). (Dwi Ariadi/ayobatang.com)

BANDAR, AYOBATANG.COM-- Bupati Batang Wihaji ingin mengubah paradigma masyarakat dalam memilih pemimpin pada Pilkades  serentak yang diikuti 206 desa pada 29 September 2019 mendatang.

\"Kita mencoba pilkades tanpa money politik, dengan cara mengajak semua tokoh desa dan elemen masyarakat untuk berkomitmen agar pelaksanaan pilkades bisa bermartabat dan beradab,\" kata Bupati Batang Wihaji usai Silaturahmi Kamtibmas jelang Pilkades di Kantor Kecamatan Bandar, Batang, Rabu,(11/9/2019).

Untuk mengubah kebiasaan praktik politik transaksional di Pilkades, Bupati akan menggelar sayembara.

AYO BACA : Kunker ke Batang, Wapres JK Hadiri Tasyakuran Sewindu Pondok Modern Tazakka

Bagi desa yang mampu melaksanakan Pilkades tanpa politik uang akan mendapatkan bantuan keuangan.

\"Saya harap Pilkades serentak bisa berjalan aman, Sejuk, damai, menyenangkan dan tanpa dikotori money politik, bagi desa yang benar-benar menerapkan No Money Politik akan kita berikan Bankeu mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 200 juta,''  kata Wihaji. 

Wihaji berharap, bantuan tersebut dapat digunakan untuk pembangunan desa.

AYO BACA : Roadshow Forkopimda Ingin Wujudkan Pilkades Bermartabat

\"Saya menyambut baik dan mengapresiasi 14 Desa yang sudah mendeklarasikan tanpa money politik, semoga komitmen ini bisa terlaksana bukan hanya sekadar deklarasi tapi dijalankan atas kesadaran bersama dalam mewujudkan Pilkades yang bermartabat dan beradab,\" pinta Wihaji.

Menurutnya, kontestasi Pilkades bukanlah segala-galanya, maka jangan menghalalkan segala cara. Apalagi sampai menimbulkan perselisihan antarwarga.

\"Kontestasi Pilkades tujuannya  sangat mulia, yakni untuk memilih pemimpin untuk mengabdi, melayani, mengayomi dan menyejahterakan masyarakat,\" tutup Wihaji.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengajak semuanya untuk menciptakan kondisi yang aman, tenteram dan damai dalam proses Pilkades mendatang. Ia meminta, jangan sampai Pilkades memutus tali silaturahmi. 

Senada, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry Rudi Judianto Napitupulu mengatakan, \"Terciptanya situasi Pilkades aman dan damai bagian dari membantu aspek kinerja kami selaku aparat kemanan.\"
 
Ia juga meminta agar calon kepala desa yang tidak terpilih harus turut serta membangun kemajuan desanya.

AYO BACA : Lewat Partisipasi TIK, Gojek Dukung Industri Kreatif Yogyakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar