Kunjungi Ponpes Tazakka, JK Tegaskan Islam di Indonesia Moderat

  Jumat, 06 September 2019   Dwi Ariadi
Wakil Presiden Jusuf Kalla disambut Bupati Batang Wihaji saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Tazakka, Bandar Kabupaten Batang, Jumat (6/9/2019). Dwi Ariadi/ayobatang.com)

BANDAR, AYOBATANG.COM-- Wakil Presiden Jusuf Kalla  berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Tazakka, Bandar Kabupaten Batang, Jumat (6/9/2019). Kedatangan Wapres untuk meresmikan Gedung Indonesia II Ponpes Tazakka. 

Wapres disambut Bupati Batang Wihaji bersama Pimpinan Pondok Pesantren Ustadz Anang Rizka Mashadi. Dalam kesempatan itu, Wapres mengatakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia memiliki kecenderungan moderat sehingga berbeda dengan negara-negara Islam lain.

AYO BACA : Kunker ke Batang, Wapres JK Hadiri Tasyakuran Sewindu Pondok Modern Tazakka

\"Mengapa Islam di Indonesia memiliki akar moderat karena dalam perkembangannya melalui pendekatan hubungan dagang bukan melalui jalur penaklukkan atau perang,\" ucapnya.

JK menyampaikan, transisi hubungan dagang membuat perkembangan Islam di Tanah Air memiliki kecenderungan menjadi moderat.

AYO BACA : 1 Jam Jadi Dalang, Wihaji Ingin Wayang Disukai Kaum Milenial

Itulah, lanjut Wapres, mengapa organisasi kemasyarakatan yang tumbuh pesat pada saat itu adalah organisasi dagang atau sarekat dagang.

\"Islam dikembangkan dengan hubungan dagang, jadi spirit golongan atau kelompok tidak ada,\" imbuhnya.

Menurut JK, hubungan antara ulama dengan saudagar Islam tidak bisa dilepaskan dalam perkembangan syiar Islam itu sendiri.

Adapun Ketua Pembina Yayasan Tazakka, Din Syamsudin, menyampaikan, perkembangan dunia pesantren sejauh ini di Indonesia juga kian menggembirakan dan membanggakan, karena kolaborasi antara ulama dengan saudagar masih menjadi kekuatan penyebaran syiar Islam melalui lembaga pendidikan di pesantren.

\"Jadi sebarkanlah virus kebaikan ini di semua tempat dan wartakanlah agar tempat lain juga memiliki kesempatan yang sama. Pesan saya setelah itu buatlah inovasi dalam syiar Islam,\" tandas Din Syamsudin.

AYO BACA : Bupati Wihaji Minta Bibit Ayam Bantuan Tak Dijual

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar