Wabup Suyono Serahkan Remisi 168 Warga Binaan Rutan

  Sabtu, 17 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Batang Suyono menyerahkan remisi kepada warga binaan Rutan Rowobelang Kelas II Batang bertepatan dengan peringatan HUT RI Ke-74, Sabtu (17/8/2019).(Dwi Ariadi/Ayobatang.com)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Sebanyak 168 warga binaan Rutan Rowobelang Kelas II Batang  mendapat  remisi umum bertepatan dengan peringatan HUT RI Ke-74, Sabtu (17/8/2019).

Remisi diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Batang Suyono saat Upacara Bendera di Rutan Rowobelang.

\"Remisi adalah bentuk penghargaan negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang patuh aturan dan menunjukkan kelakuan baik selama masa pidana. Pemeberian remisi juga diatur dalam regualsi,\" kata Wakil Bupati, Suyono.

AYO BACA : Kali Pertama dalam Sejarah, Bupati Wihaji Lantik Camat Perempuan

kepada warga binaan yang menerima remisi, Suyono mengharapkan agar menjadi orang yang baik, bertambah imannya dan bermanfaat bagi masyarakat.

\"Yang dapat remisi bebas tetaplah menjadi masyarakat, lakukan hal - hal yang baik untuk keluarga dan masyarakat,\" jelasnya.

Suyono juga mengapresiasi Rutan Rowobelaang Kelas II B Batang yang humanis, bersih dari pungutan, dan peredaran narkoba. Tempatnya sejuk dan sel warga binaannya terlihat rapi dan bersih. 

AYO BACA : Sambut HUT ke-74 RI, Bupati Wihaji Kibarkan Merah Putih di dalam Kolam Renang

\"Warga binaan di rutan saya lihat sudah saling akrab bahkan terlihat tidak ada tekanan, sehingga mempercepat warga binaanya  bisa berbuat baik dan positif,\" katanya.

''Meskipun secara hukum mereka dirampas kemerdekaannya, namun itu hanyalah kemerdekaan fisik semata, karena sesungguhnya mereka tetap memiliki kemerdekaan untuk tetap berkarya,''ujarnya. 

Kepala Rutan Rowobelang Kelas IIB Batang, Yusup Gunawan mengatakan, jumlah penghuni total 293 orang dengan jumlah napi tetap 210 orang yang mendapatkan remisi RU 1 ( pengurangan hukuman ) 165 orang dan RU 2 ( bebas )  3 orang dan yang belum dapat remisi 42 karena belum memenuhi syarat.

\"Warga  binaan rutan yang mendapatkan RU II ( bebas ) yakni Fauzi Amin kasus Narkotika, Herry Tanu Wijaya kasus narkotika, Muhamad Imam Syaban kasus narkotika,\" kata Yusup Gunawan.

AYO BACA : Resmi Dilantik, Berikut Daftar 45 Anggota DPRD Batang Periode 2019-2024

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar