Bupati Wihaji Wacanakan Kendaraan Berat Wajib Masuk Jalan Tol

  Kamis, 15 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Kondisi jalan Kota Batang yang dilalui kendaraan berat. (Dwi Ariadi/ ayobatang.com)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM-- Bupati Batang Wihaji mewacanakan kendaraan berat wajib masuk jalan tol. Hal itu bertujuan untuk menertibkan lalu lintas dalam kota dan meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

\"Ini baru sekedar ide yang harus dikaji lebih mendalam oleh Dinas Perhubungan, karena merupakan jalan nasional yang harus dikonsultasikan ke Pemerintah pusat,\" kata Bupati Wihaji, Kamis (15/8/2019). 

Dikatakan, kendaraan berat masuk jalan tol saat waktu jam sibuk, seperti pukul 07.00 WIB dan 16.00 WIB yang merupakan jam masuk sekolah dan pulang kerja, selain jam sibuk truk besar atau kendaraan berat bisa lewat jalan biasa. 

AYO BACA : Sambut HUT ke-74 RI, Bupati Wihaji Kibarkan Merah Putih di dalam Kolam Renang

\"Bukan kita menolak, namun keberpihakan kita membela anak sekolah dan pekerja Batang agar lebih nyaman dalam berkendara, karena jalan pantura kota Batang ramai dan lalu lintas kendaraan semakin hari makin padat,\" jelas Wihaji.

Bupati pun menyesalkan kepada sopir truk besar yang kerap memarkir kendaraan di Alun-alun Kota Batang, sehingga secara estetika sangat kurang pas dan bukan pada tempatnya, karena menutupi keindahan wajah kota. 

\"Untuk wacananya truk atau kendaraan berat, wajib masuk jalan tol melalui exit Kota Pekalongan dan exit Kandeman Batang,\" pintanya. 

AYO BACA : Pembunuhan ABG 16 Tahun di Tegal Terungkap, Pelaku Teman Dekat

Tak hanya itu, Wihaji juga menyinggung  kebijakan sistem satu arah (SSA) yang diberlakukan di jalan protokol Kota Batang. 

\"Kebijakan ini tidak ada tendensi apapun, Pemkab hanya ingin Batang lebih nyaman berkendaraan dan lebih tertib, karena jumlah kendaraan semakin hari bertambah,\" kata Wihaji.

Kalaupun pengendara kendaraan harus memutar karena SSA, itu tidak jauh, hanya beberapa meter saja.

\"SSA ini juga bertujuan tidak ada kemacetan, kenyamanan berkendara lebih baik lagi dan pengendara lebih tertib dalam berkendara,\" jelas Wihaji.

AYO BACA : Persibat Batang Kalahkan Tim Tamu PSPS Riau 3-0

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar