Dianggap Berangan, Sopir Ambulans di Tegal Hasilkan BBM dari Sampah Plastik

  Kamis, 20 Juni 2019   Lilisnawati
BBM yang dihasilkan dari mesin destilator plastik.

TEGAL TIMUR, AYOBATANG.COM—Meski awalnya dianggap berangan, seorang sopir ambulans berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu menghasilkan mesin pengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Sopir ambulans itu Utomo Widyo, warga Kelurahan Panggung. Ditemui di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu TPST Kelurahan Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal, ia mengaku butuh waktu tiga bulan untuk merakit mesin tersebut agar berfungsi dengan benar. 

Ia mengatakan, idenya berawal dari sering nongkrong di TPST dan melihat menumpuknya sampah yang tidak memiliki nilai jual. Akhirnya, dia mencari mesin yang dapat mengolah sampah menjadi bahan bakar di internet.

"Di situ saya melihat bagaimana cara mendestilasi plastik menjadi bahan bakar dan ketika hendak berunding soal mesin tersebut, banyak yang mengatakan itu hanya mimpi," katanya.

Kemudian, ia berinisiatif membuat mesin sendiri dengan modal minta. Setelah melakukan percobaan selama tiga bulan dan lima kali percobaan gagal, sepekan kemarin mesin tersebut berhasil menghasilkan apa yang diinginkan. 

Menurutnya, agar sampah bisa menjadi bahan bakar diperlukan waktu sekira empat jam. 

"Untuk hasilnya, lima kilogram sampah plastik bisa menjadi empat liter bahan bakar, satu liter bensin dan minyak tanah serta dua liter solar," ungkapnya. 

Bahkan, kata Utomo, hasil bahan bakar tersebut sudah diujikan ke diesel dan motor.

"Alhamdulillah bisa berfungsi sebagaimana fungsi bahan bakar tersebut," ujarnya. 

Ia berharap mesin tersebut mampu mengurangi sampah plastik dan bisa mengatasi kenaikan BBM.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar