384 Pedayung Batang Ikuti Lomba Dayung Tradisional

  Kamis, 06 Juni 2019   M Naufal
Ratusan pedayung lokal Kabupaten Batang mengikuti lomba dayung tradisional yang diselenggarakan di sungai Kildang Lor, Kamis (6/6/2019) siang. (ANTARA/Kutnadi)

BATANG, AYOBATANG.COM—Dalam rangkaian perayaan Lebaran 2019, sebanyak 384 pedayung Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memeriahkan lomba dayung yang diselenggarakan di Sungai Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kamis (6/6/2019) siang.

Bupati Batang Wihaji saat membuka lomba mengatakan, lomba dayung tradisional ini merupakan bagian kegiatan kalender wisata tahunan sehingga pemkab memiliki kewajiban memberikan dukungan pada para peserta lomba.

"Lomba dayung ini memperebutkan piala bergilir. Adapun jarak tempuh yang ditentukan bagi peserta adalah 130 meter," katanya.

Selain sebagai kalender kegiatan wisata tahunan, kata dia, lomba dayung tradisional adalah ajang silaturahmi bagi masyarakat terutama para nelayan pada saat Lebaran.

Ia mengatakan, lomba dayung tersebut akan dilaksanakan selama lima hari, 6 hingga 11 Juni 2019, dengan memperebutkan piala bergilir dan hadiah.

"Sebenarnya lomba dayung sudah menjadi budaya warga nelayan sehingga kegiatan itu dijadikan kalender wisata tahun oleh pemkab. Tentunya, pemkab siap mendukung dan menyukseskan lomba itu," katanya.

Bupati berharap lomba dayung tradisional ini agar dibuat lebih baik yaitu kondisi sungai harus lebih bersih dan para penonton dibuatkan tribun agar lebih tertib dan nyaman.

"Oleh karena, untuk menyukseskan lomba itu, pemkab perlu adanya kerja sama dengan semua pihak seperti Pemprov Jateng, kecamatan, desa, serta para pengusaha kapal. Sebenarnya, penggunanya adalah pengusaha kapal," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar