PDAM Pastikan Ketersediaan Air Bersih Terpenuhi

  Rabu, 29 Mei 2019   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji bersama direktur PDAM Batang meninjau Instalasi Pengelolaan Air di Desa Brayo, Kecamatan Wonotunggal, belum lama ini. (Istimewa)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma memastikan kebutuhan air baku di wilayah Kabupaten Batang dengan jumlah 47.000 pelanggan dapat terpenuhi. 

"Upaya kami meningkatkan kapasitas melalui punguatan sumber-sumber mata air yang ada di hulu, sumur-sumur cadangan yang berada di Desa Cepagang, Kecamatan Warungasem, dan menambah sumur di Paskaran dengan kapasitas sekitar 25 liter kubik,'' kata Direktur PDAM Yulianto.

Untuk Kota Batang, lanjut Yulianto, kemampuan menambah sambungan ke rumah saat ini belum bisa dipenuhi  karena kapasitas yang ada tidak mampu menambah sambungan baru lagi. 

"Ketika melayani sambungan baru pelayanan menjadi kurang maksimal, khususnya pada pemakaian jam puncak sore dan pagi pas pemakaian bersama kondisi aliran air berkurang," jelas Yulianto. 

Karena itu, pihak manajemen PDAM Batang mengimbau agar saat malam mengisi tandon air untuk antisipasi kapasitas aliran air berkurang. 

"Bagi masyarakat yang belum punya tandon, pelanggan bisa mengajukan kredit tandon di PDAM, kami sudah menyediakanya," jelas Yulianto. 

Ia mengatakan, pemakaian air saat Ramadan meningkat  cukup tinggi. Biasanya pemakaianya kurang dari 20 kubik kini sampai 20-25 kubik air. 

Untuk pasokan air, PDAM mengandalkan dari mata air, air permukaan, dan sumur. Adapun sumur berada di Warungasem, mata air berada di Bismo Kecamatan Blado, Instalasi Pengolahan Air Brayo, Kecamatan Wonotunggal.

"Insyaallah pasokan air cukup, kalaupun nanti ada gangguan tangki-tangki kita sudah siap mendistribusikan air," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar