40 Persen Warga Tamat SMP, Pemkab Siapkan Beasiswa Sekolah Lanjutan

  Sabtu, 11 Mei 2019   Dwi Ariadi
Bupati Batang Wihaji memberikan bantuan kepada siswa usai tarawih ukhuwah keliling di Desa Mojotengah. (ayobatang.com/Dwi A)

REBAN, AYOBATANG.COM--Faktor pendidikan yang rata-rata tamat SMP mencapai 40 persen menjadi penyebab Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang masih rendah.

Hal itu disampaikan Bupati Batang Wihaji saat tarawih ukhuwah keliling putaran kedua di Masjid Miftahul Huda Desa Mojotengah, Reban, Jumat (10/5/2019).

"40 Persen masyarakat Kabupaten Batang hanya sampai SMP. Inilah salah satu faktor bidang pendidikan menjadi  penyebab IPM kita rendah di samping fakror Kesehatan dan Pendapatan per kapita masyarakat," kata Wihaji.

Dikatakan, pendidikan menjadi sangat penting untuk menyiapkan generasi hebat, maka pemkab  mengalokasikan beasiswa di samping Pemerintah pusat juga ada program Kartu Indoensia Pintar ( KIP).

"Khusus bagi anak-anak Desa Mojotengah, Pemkab memberikan perhatian lebih karena rata-rata warga hanya mampu sekolah sampai SMP, maka bagi siswa kurang mampu yang akan melanjutkan ke SMA Pemkab akan membantu," ujar Wihaji.

Untuk meningkatkan derajat hidup warga Desa Mojotengah, Pemkab sudah mengalokasikan Rp 1 miliar untuk pengaspalan ruas Jalan pengubung Sidoarjo - Mojotengah pada tahun 2019.

Sementara itu, Kepala Desa Mojotengah, Darwanto, mengatakan, warga desa mayoritas sebagai buruh petani dan pemetik teh.

"Di desa kami ada 200 rumah tidak layak huni yang butuh bantuan, dan sanitasi jamban," pinta Darwanto

Tidak hanya itu, Desa Mojotengah  sangat membutuhkan bidan desa.

"Dulu sempat ada bidan,  namun karena rumah dinas di tengah hutan  jauh dari permukiman, sehingga tidak mau menghuni," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Batang Wihaji berkesmpatan menyerahkan bantuan yang totalnya mencapai Rp. 32 juta, untuk kemakmuran masjid, RTLH, bantuan uang tunai lansia, anak yatim piatu dan tabungan sekolah.

Tampak hadir Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga, Ketua DPRD Imam Teguh Raharjo dan Kepala OPD Kabupaten Batang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar