Stok Pangan Masih Aman hingga Lebaran

  Selasa, 07 Mei 2019   Dwi Ariadi
Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Batang membahas ketersediaan stok pangan selama Ramadan. (Dwi Ariadi/ayobandung)

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM -- Ketua Tim Pengendali Invlasi Daerah Kabupaten Batang, Nasikhin, mengatakan stok pangan di bulan Ramadan dan Idulfitri dalam kondisi aman. 

"Dari hasil laporan stakeholder seperti, Bulog, Pertamina dan OPD pemangku stok pangan di bulan Ramadan sampai hari raya Idulfitri dalam keadaan aman dan mencukupi," kata Sekda Nasikin usai memimpin rapat TPID di Ruang Mawar, Selasa ( 7/6/2019). 

Menurut Nasikin, masyarakat untuk tidak usah khawatir karena ketersediaan pangan aman,  bahkan untuk bahan pokok stoknya berlebih.

Namun demikian, lanjut Nasikin, TPID tetap terus memantau memonitoring harga dan stok agar berjalan dengan lancar distribusinya dengan menggandeng Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Satgas Mafia Pangan. 

"Pemkab akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga pola konsumsinya. Jangan main borong, sehingga harga dapat terkendali," pintanya 

Menurut Nasikin, kalau melihat kondisi harga stabil, walaupun naik masih batas kewajaran.

'"Stok pangan dan bahan pokok lainnya masih aman dan memaksimalkan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat, barangkali untuk operasi pasar belum dilakanakan. 

"Kecuali kalau ada fluktuasi di lapangan yang luar biasa bisa dilakukan operasi pasar, tapi dengan antisipasi ini Insya Allah tidak terjadi," kata Nasikhin 

Dijelaskan pula,  naiknya harga bawang putih dipengaruhi oleh kondisi nasipnal bukan lokal, karena kondisi lokal masih cukup ketersediaannya. 

"Kalau stok aman, distribusi lancar, pola konsumsi masyarakat wajar - wajar saja maka  tidak akan terjadi gejolak harga," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar