KPU Batang Targetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

  Selasa, 12 Februari 2019   Dwi Ariadi
KPU Batang saat menyelenggarakan rapat koordinasi, Selasa (12/2/2019). (Dwi Ariadi/ayobatang)

BATANG, AYOBATANG.COM--Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan, mengatakan target partisipasi pemilih pada  17 April 2019 menandatang sebesar 77,5 persen.

"Pesta demokrasi harus dihadapi dengan semangat dan gembira ria, maka saya ajak organisasi masyarakat dan LSM untuk mendorong informasi pemilu sampai pada pemilih," kata Nur Tofan saat rapat Koordinasi Kesiapan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019, Selasa (12/2) di Hotel Sendang Sari Batang. 

Untuk menyukseskan Pemilu, pihaknya telah membentuk relawan demokrasi sebanyak 55 orang relawan. Mereka selama satu minggu ini sudah melakukan sosialiasai bergerak dari kampung ke kampung dan komunitas. 

"Kita targetkan 77,5 persen partisipasi pemilih, dan sesuai data KPU Batang partisipasi masyarakatnya sangat bagus dan memenuhi target," katanya 

Dijelaskan pula pemilu 2014 partisipasi pemilih Kabupaten Batang mencapai 77.8 persen untuk Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden 2014 angka partisipasinya 73,5 persen. 

"Saya harap angka kehadiran pemilih bisa didorong semakin naik dari tahun ke tahun. Karena Kesuksesan tidak pernah lepas dari seluruh komponen semua bangsa yang menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa." jelasnya 

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU  kabupaten Batang, Gunadi mengatakan  mulai tanggal 28 Februarai dan 27 Maret 2019 membentuk Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) di 2.522 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tugasnya melaksanakan penghitungan suara saja, tapi juga melakukan sosialiasai pendidikan pemilih. 

"Pemilu 2019 seharusnya lebih baik, karena ada kewajiban KPPS untuk ikut mensosialisasikan pendidikan pemilih," jelasnya 

Di kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa KPU siap memberikan pelayanan pemilih yang akan pindah memilih paling lambat 17 Februari 2019. 

Adapun pemilih yang bisa pindah yaitu pemilih yang bekerja di luar domisili, sedang belajar, nyantri atau kuliah, sedang di rawat panti sosial atau rehabilitasi, narapidana dan pemilih yang tertimpa bencana alam. 

"Daftar pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) untuk pemilih Laki - laki sebanyak 302. 837 orang, pemilih perempuan 303. 453 orang dengan jemlah total pemilih 606.290 orang," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar