Rutan Rowobelang Diusulkan Jadi Rutan Zona Integritas

  Selasa, 29 Januari 2019   Dwi Ariadi
Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jateng mengunjungi Rutan Rawabelang, Batang, Selasa (29/1/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BATANG, AYOBATANG.COM--Rumah Tahanan Kelas IIB Batang diusulkan menjadi rutan zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

AYO BACA : BPN Batang Sasar PTSL di 75 Desa

"Rutan Batang kita calonkan menjadi Rutan Zona Integritas yang akan kita dorong betul - betul tugas pokok dan fungsi sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP)," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jateng, Heni Yuwono saat Deklarasi Zona Integritas di Rutan Rowobelang Batang, Selasa (29/1/2019).

AYO BACA : Dapur Umum Bagikan 6.000 Nasi Bungkus untuk Pengungsi

Dia  juga memastikan di Rutan Rowobelang tidak ada pungutan liar atau hal-hal yang bersifat ilegal. "Kita juga dorong tidak ada peredaran narkotika dengan cara menghapus ponsel," katanya.

"Cara untuk menghilangkan peredaran Narkotika di rutan kita dirikan warung telepon khusus (wartelsus), dan melakukan cek urin rutin bagi warga binaan  bekerjasama dengan BNN Batang," jelasnya.

Terkait dengan standar pelayanan, lanjut dia, sesuai kriteria penghormatan hak azasi manusia yang mangacu pada SOP. "Seperti menghargai kaum disabilitas kita sediakan kursi roda, toilet kusus difabel dan tempat tunggu  pengunjung dan taman bermain anak-anak," lanjutnya.

Dikatakan, di Jawa Tengah sudah usulkan di bawah Kementerian Hukum dan HAM total ada 31 yang terdiri 26 Rutan, Lapas dan 5 Kantor Imigrasi.

AYO BACA : Kota Baru di Jalan Tol Batang Temui Titik Terang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar