BPN Batang Sasar PTSL di 75 Desa

  Selasa, 29 Januari 2019   Dwi Ariadi
Sosialisasi PTSL di Pendapa, Pemkab Tegal, Senin (29/1/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BATANG, AYOBATANG.COM--Guna menyukseskan program Pemerintah Pusat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran (TA) 2019 di Pendapa Kantor Bupati, Senin (28/1/2019).

Kegiatan itu dihadiri Bupati Wihaji, Sekda Batang Nasikhin, Kepala BPN Kabupaten Batang Priyono, Kapolres Batang Edy Sinulingga, Perwakilan Dandim 0736, Kasi Datun dan Intel Kejaksaan Negeri Batang, 50 Kepala desa serta Sekdes se- Kabupaten Batang.

AYO BACA : Kota Baru di Jalan Tol Batang Temui Titik Terang

Kepala BPN Kabupaten Batang, Priyono mangatakan BPN sendiri untuk tahun 2019 ini menerapkan target 40 ribu bidang sertifikat dan 50 ribu petak bidang dengan lokasi 75 desa di 15 kecamata di wilayah Kabupaten Batang.

"Perlu sinergitas dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa untuk mencapai targed tersebut, terlebih untuk tahun kemarin 2018 Kabupaten Batang memiliki bobot kinerja tertinggi se-Karisidenan Pekalongan," katanya.

AYO BACA : Dapur Umum Bagikan 6.000 Nasi Bungkus untuk Pengungsi

Selain itu, lanjut dia, pihaknya memerlukan pemetaan partisipasif dalam percepatan penyelesaian PTSL, seperti yang dilakukak oleh Kabupaten Grobogan.

Sementara Bupati Wihaji menjelaskan, sosialisasi ini menjadi momentum penting bagi kades dan sekdes untuk belajar mamahami regulasi, sehingga tidak melanggar aturan hukum dalam penyelengaraan program PTSL.

"Saya selaku kepala daerah mempunyai kewajiban untuk mensuskseskan program tersebut dan memastikan jangan sampai ada masalah," tegasnya.

Diharapkan, seluruh perangkat desa mampu mensukseskan target dari BPN Kabupaten Batang yakni 40 ribu sertifikat dan 50 ribu petak bidang tanah, dengan catatan tidak melanggar aturan hukum.

"Kepala desa harus benar-benar memahami aturan PTSL tetapi juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan sertifikat tanah," pungkasnya.

AYO BACA : Ini Penyebab Banjir di Batang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar