Dapur Umum Bagikan 6.000 Nasi Bungkus untuk Pengungsi

  Selasa, 29 Januari 2019   Dwi Ariadi
Para relawan memasak nasi bungkus di Dapur Umum Posko Pengungsian untuk dibagikan ke pengungsi. (Dwi Ariadi/ayobatang).

BATANG, AYOBATANG.COM--Permintaan makanan untuk pengungsi korban banjir di Kabupaten batang mencapai 6.000 bungkus per hari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan, Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Batang mendirikan enam posko yang masing-masing dilengkapi dengan dapur umum. Hal itu sesuai perintah Bupati Batang, Wihaji supaya para pengungsi tidka kesulitan mendapatkan makan.

"Permintaan nasi bungkus sehari mencapai 6.000 bungkus. Permintaan itu bisa kita layani semua karena kita memilik enam dapur umum yang dikelola oleh Tagana, PMI, Kodim 0736 bersama Polres Batang dan Masyarakat di masing-masing posko," kata Ulul Azmi, Selasa ( 29/1/2019). 

Untuk petugas dapur umum dikelola oleh relawan-relawan PMI.

"Mereka kita sebar di enam posko secara bergantian. Karena kita harus melayani tiga kali sehari yang minimal membutuhkan 1.000 nasi bungkus," ujarnya. 

Di hari ketiga pascabanjir, posko masih melayani walupun pengungsi sudah kembali ke rumah masing - masing untuk bersih-bersih. 

"Untuk logistik makanan kita distribusi ke rumah warga," lanjut Ulum Azmi. 

Ditemui terpisah, Ketua Kordinator Dapur Umum Tagana Kabupaten Batang, Didin menyatakan untuk dapur umum posko utama kita membuat 1.000 bungkus untuk melayani tiga desa.

"Hari pertama banjir kita melayani permintaan nasi bungkus desa Kalipucang, kita memilik 15 personil yang di bagi menjadai tiga sift," ungkapnya.

Posko dapur utama, lanjutnya, hari  pertama musibah banjir  terjadi telah melayani untuk Kelurahan Watusalit dan Desa Karanganyar.

"Hari kedua dan ketiga kita fokus melayani Batang utara meliputi Karangasem Utara, Desa Klidang," terangnya.

Dijelaskan,  sekali masak menghabiskan beras 30 kg untuk 400 bungkus sengan lauk telur dadar dan mie. Semua bahan bakunya dari dinas sosial Kabupaten Batang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar